Tips Memilih Kambing untuk Aqiqah

31-Dec-2018


Selamat untuk kelahiran sang buah hati. Nah, dalam artikel ini kita bakal membahas tips-tips yang perlu kamu ketahui untuk memilih kambing aqiqah.

Aqiqah bisa dibilang sebagai bentuk syukur atas lahirnya anak kita. Sebenarnya, aqiqah juga bisa dilakukan dengan menyembelih unta, sapi, atau domba. Namun, kambing adalah pilihan yang paling sering kita jumpai di Indonesia.

Adapun hadits yang mendasari pelaksanaan aqiqah antara lain:

“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiap-tiap anak itu ada ‘aqiqahnya. Maka sembelihlah binatang ‘aqiqah untuknya dan buanglah kotoran darinya (cukurlah rambutnya)’“. [HR. Bukhari juz 6, hal. 217]

Bila ini adalah pengalaman pertama kamu memiliki anak, mungkin akan muncul banyak pertanyaan tentang aqiqah. Termasuk seperti apa kambing yang pantas untuk dipilih. Tak perlu bingung karena sebenarnya memilih kambing aqiqah cukup mudah, terlebih kini ada banyak tawaran paket penyelenggaraan aqiqah.

Untuk memilih kambing aqiqah, hamu hanya perlu melihat tiga poin utama di bawah ini.

1. Usia dan jumlah kambing

Usia kambing aqiqah tak berbeda dengan usia kambing untuk qurban, yaitu satu tahun. Lalu untuk jumlahnya, satu ekor untuk anak perempuan dan dua ekor untuk anak laki-laki.

2. Syarat fisik kambing aqiqah

Syarat fisik kambing aqiqah juga bisa merujuk pada syarat kambing qurban. Di mana kambing harus dalam kondisi sehat, timbangannya berbobot, tidak memiliki cacat fisik, dan tak memiliki penyakit.

3. Jenis kelamin kambing aqiqah

Untuk aqiqah, kamu bisa memilih kambing berjenis kelamin jantan ataupun betina.

Setelah mengetahui tips memilih kambing aqiqah, langkah selanjutnya ialah mempersiapkan dana. Jumlah yang diperlukan mungkin berbeda di setiap daerah.

Namun sebagai gambaran, paket aqiqah di daerah Jakarta berkisar dari Rp 1,7 juta hingga Rp 3,3 juta. Tergantung dari bobot kambing dan paket yang diambilnya.

Untuk hal yang satu ini kita cukup beruntung karena tersedia kemudahan yang bisa kita menfaatkan. Seperti halnya layanan pembiayaan hewan aqiqah beserta paketnya yang disediakan AMITRA dari FIFGROUP .

Bekerjasama dengan pemasok hewan aqiqah terpercaya, paket aqiqah AMITRA menyediakan tenor mulai dari tiga hingga sembilan bulan. Syaratnya pun tergolong mudah, kamu hanya perlu menyediakan KTP.