3 Tips Merencanakan Aqiqah untuk Si Buah Hati

08-Aug-2018


Kehadiran anak dalam keluarga pastinya menjadi sebuah kebahagiaan besar. Dalam Islam, sudah sepatunya kebahagiaan tersebut turut dibagikan kepada anggota keluarga lainnya. Caranya bisa dengan melalukan aqiqah.

Pengertian aqiqah secara sederhana bisa dibilang sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT berkat kehadiran buah hati yang sudah ditunggu. Pelaksanaan aqiqah tak perlu besar-besaran, namun yang penting hikmat.

Bagaimana pun juga menggelar aqiqah butuh dana yang tak sedikit, maka melakukan perencanaan keuangan untuk aqiqah sangat disarankan.

1. Survei Layanan Aqiqah

Saat ini kita bisa menemui ada banyak penyedia jasa layanan aqiqah. Keberadaan jenis layanan seperti ini pastinya dapat mempermudah Anda dalam menggelar acara.

Tak perlu repot mencari kambing dan mempersiapkan detail acaranya nanti karena tinggal bayar. Permasalahannya, karena begitu banyak pilihan, maka perlu dilakukan survei demi memperoleh paket layanan terbaik dan lengkap.

2. Rencanakan Sejak Dini

Segala hal yang dilakukan secara mendadak biasanya akan menemui banyak kendala. Maka, ada baiknya kita melakukan perencanaan aqiqah buat anak dari jauh-jauh hari. Bahkan kalau perlu sejak si kecil masih di dalam kandungan.

Asalkan sudah mengetahui jenis kelaminnya, kita bisa mulai melakukan persiapan. Langkah awalnya bisa seperti yang sudah diterangkan pada poin pertama, yaitu melalukan survei penyedia layananan aqiqah dan menakar kemampuan keuangan dengan paket yang tersedia.

3. Bikin Rencana Keuangan

Setelah mendapatkan gambaran paket layanan yang akan dipilih beserta besaran jumlah dana yang dibutuhkan, kita mulai mempersiapkan budgetnya. Perlu diingat, selain mempersiapkan dana sesuai paket yang dipilih, ada baiknya juga menyediakan dana darurat khusus aqiqah.

Dana darurat biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan mendetail yang tak terduga. Dengan adanya dana darurat maka kita bisa menghindari terganggunya rencana keuangan secara keseluruhan yang mungkin sudah Anda buat untuk jangka waktu panjang.

TAGS: aqiqah