Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh

30-Nov-2018


Ibadah Umroh atau biasa disebut juga sebagai ibadah Haji kecil ini dapat dilakukan sepanjang tahun tanpa terikat waktu tertentu seperti saat menjalankan ibadah Haji besar. Walaupun demikian, ibadah Umroh ini memiliki tata cara pelaksanaan yang hampir mirip dengan ibadah Haji besar. Berikut ini tata cara pelaksanaan ibadah Umroh yang benar agar ibadah Umroh Anda lebih lancar selama berada di Tanah Suci.

Membersihkan Diri

Setelah sampai di Tanah Suci, sebaiknya Anda membersihkan diri dengan mandi, memakai baju ihram, wudhu, dan sholat sunnah ihram dua raka’at.

Membaca Niat

Setelah melaksanakan sholat sunnah dua raka’at, Anda dapat membaca niat ibadah Umroh. Setelah membaca niat Umroh, Anda diwajibkan untuk menaati larangan yang berlaku saat beribadah seperti menggunakan baju biasa, memotong kuku, memotong rambut, bersetubuh, menganiaya, mencaci, memakai wewangian, menggunakan penutup kepala bagi pria, dan memakai penutup muka untuk wanita.

Dzikir

Selama perjalanan menuju Makkah, sebaiknya Anda perbanyak berdzikir dengan membaca bacaan Talbiyah yang berbunyi: labbaikallahumma labbaik, laa syariikalaka labbaik, innal hamda wanni’mata laka walmulk, laa syariikalak.

Tawaf

Selanjutnya melakukan ibadah Tawaf yaitu berlari-lari kecil mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Sai

Sai ini dilaksanakan dengan berjalan kaki sebanyak tujuh kali bolak-balik dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa yang akan berakhir pada Bukit Marwa.

Tahallul

Tahallul atau mencukur rambut ini dapat dilakukan dengan mencukur sebagian rambut atau mencukur rambut sampai habis. Mencukur rambut ini sebagai tanda kalau Anda sudah selesai menjalani ibadah Umroh.

Berkunjung ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah Haji kecil ataupun Haji besar pasti menjadi dambaan seluruh umat Islam di dunia. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kesempatan melaksanakannya, lakukan ibadah Umroh ini sesuai dengan tata cara yang benar seperti di atas. Yang tak kalah penting dalam mempersiapkan perjalan Umrah ialah sumber dananya. Untuk yang satu ini Anda bisa mengandalkan AMITRA, penyedia layanan pembiayaan umroh dan syariah dari FIFGROUP.

TAGS: tatacara / umrah