Cukang Taneuh: Wisata ‘Green Canyon’ di Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi di Liburan Ini

15-Dec-2018


Provinsi Jawa Barat dikenal menyimpan banyak pesona alam yang dimiliki objek wisatanya. Salah satu yang menarik adalah Cukang Taneuh yang berada di Ciamis. Akrab disebut Green Canyon, objek wisata ini patut dilirik sebagai destinasi untuk menghabiskan musim liburan akhir tahun.

Begitu menginjakkan kaki di objek wisata ini, kamu bisa menikmati panorama aliran air sungai yang berwarna hijau kebiru-biruan. Di sekelilingnya berdiri dinding bebatuan yang seolah-olah mengawalnya. Ditambah pepohonan berdiri rindang, objek wisata ini menawarkan suasana sangat asri.

Namun, tak lengkap rasanya jika mengunjungi Cukang Taneuh tanpa melakukan aktivitas seru di sana. Atraksi yang jamak dilakukan para wisatawan di Green Canyon meliputi body rafting di sepanjang aliran sungai. Selain itu, menyusuri goa-goa juga jadi alternatif aktivitas patut dicoba.

Apa pun pilihannya, yang jelas jangan lupa untuk mengabadikan momen dan pemandangan yang dilihat karena setiap spot-nya Instagramable banget.

Rute dan akomodasi di ‘Green Canyon’ Jawa Barat

Cukang Taneuh tepatnya berada di Desa Kertayasa, Kabupaten Ciamis. Lokasinya berjarak sekitar 31 menit atau 45 km dari Pantai Pangandaran. Buat kamu yang tinggal di Jakarta maka bisa ambil rute Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, hingga sampai di Pangandaran.

Khusus untuk mengunjungi Cukang Taneuh, kamu perlu lebih dulu menyambangi dermaga Ciseureuh. Di tempat ini tersedia deretan perahu kayu yang siap disewa untuk menyusuri aliran sungai.

Satu buah perahu maksimal bisa mengangkut enam orang dengan biaya sewa sekitar Rp150.000.

Lalu, untuk akomodasi penginapan kamu tak perlu khawatir sebab daerah sekitar Cukang Taneuh memang kawasan wisata. Dengan begitu ada banyak penginapan mulai dari berjenis home stay hingga hotel yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu kelebihan Cukang Taneuh ialah ia bukan satu-satunya objek wisata di kawasan ini. Bila berkunjung ke sini, kamu juga dapat menikmati objek wisata lain, seperti Pantai Batu Karas dan Pantai Pangandaran itu sendiri.

Lantas, adapun persiapan yang diperlukan sebelum mengunjungi tempat ini, pertama ialah fisik sehat. Sebab kamu bakal tergoda untuk melakukan beragam aktivitas seru yang mungkin menguras tenaga.

Di samping itu kamu juga perlu menyiapkan uang tunai di kantong. Mengingat lokasi ATM yang cukup jauh dan berjaga-jaga bila tak tersedia layanan transaksi non-tunai.

Bicara masalah dana liburan, cara mudah yang bisa kamu manfaatkan ialah melirik layanan DANASTRA dari FIFGROUP. Tersedia layanan kredit multi guna yang sejatinya bisa kamu manfaatkan untuk beragam keperluan.