Tanah Sempit Bukan Halangan Bangun Rumah Idaman

23-Jan-2019


Membangun rumah di lahan sempit sebenarnya bukan masalah. Asalkan kamu mengetahui trik-triknya biar nanti rumah idaman tetap terasa nyaman untuk dihuni.

Harga tanah atau properti terus meroket dari waktu ke waktu. Namun, di lain sisi kita memiliki keinginan untuk memiliki hunian pribadi. Diperlukan keberanian dan perhitungan matang sebelum akhirnya memutuskan membeli rumah atau lahan kosong.

Dengan kecenderungan seperti itu lahan yang terbilang sempit kadang terpaksa menjadi pilihan karena terikat budget. Saat hendak membangun rumah di lahan sempit maka kita wajib mengetahui trik yang nantinya membuat rumah terasa lega dan tetap nyaman ditinggali.

1. Membangun sesuai kebutuhan

Membangun rumah pastinya diawali dengan rencana, seperti membuat denah. Pada proses ini pastikan kita hanya membangun rumah dengan bagian-bagian yang kita butuhkan.

Sebagai contoh, bila sebenarnya kita hanya membutuhkan dua kamar tidur maka tak perlu membangun lebih dari itu.

2. Meminimalisir tembok

Rumah dengan lahan sempit bisa terasa lebih luas dengan meminimalisir penggunaan tembok untuk memisahkan ruangan-ruangan di dalam rumah. Konsep hunian semacam ini dikenal dengan nama open plan.

Alih-alih menggunakan tembok, konsep ini memanfaatkan furniture untuk memisahkan satu ruangan dengan yang lainnya, misalnya ruang keluarga dan ruang makan.

3. Jangan lupakan bukaan cahaya

Rumah di lahan sempit biasanya memiliki dinding yang menempel dengan bangunan lain di sebelahnya. Hal ini menjadi dilema tersendiri untuk memposisikan jendela. Karena pemandangan yang didapat bisa-bisa hanya tembok tetangga, bahkan yang lebih penting lagi cahaya jadi sulit masuk ke dalam rumah.

Soal cahaya, bisa diakali dengan membuat bukaan di bagian atap rumah. Cara ini efektif untuk menjadi saluran masuknya cahaya ke dalam bangunan demi penerangan yang natural dan hemat energi.

4. Cerdik memilih furniture

Pemilihan furniture adalah faktor penting dalam menentukan kenyamanan rumah yang terbilang sempit. Sudah sepatutnya kita memilih interior dengan desain dan ukuran minimalis guna menyesuaikannya dengan ukuran bangunan.

Setelah mengetahui trik-trik di atas, tak perlu ragu untuk membangun rumah di lahan sempit bila hal tersebut adalah pilihan yang paling memungkinkan. Dalam mewujudkan keinginan tersebut, kamu bisa memanfaatkan layanan dari DANASTRA yang terdiri dari pembiayaan multiguna dan modal kerja.