Komunitas Masak Makanan Sehat dan Hidup Sehat

15 Mar 2017


Ariani, 30 tahun, divonis ada kista bersarang di rahimnya. Kata dokter, kemungkinan itu disebabkan pola makan tidak sehat selama ini. Ya, Ariani memang kerap makan makanan cepat saji dan yang serba instan. Kehidupan zaman sekarang memang memaksa manusia untuk memakan makanan cepat saji dan instan. Namun kini orang-orang mulai sadar akan dampak buruk makanan tersebut dan mulai beralih ke makanan sehat, termasuk Ariani. Ia mulai berhenti makan masakan cepat saji dan mi instan dan beralih masak sendiri. Ariani tidak begitu yakin apakah yang ia masak sudah tergolong sehat dan lebih baik daripada jajanan di luar sana. Sesungguhnya, ia ingin bertukar pikiran dengan orang lain tentang menu sehat. Apakah ada komunitasnya untuk hidup sehat? Mau gabung? Yuk simak yang berikut ini.

Komunitas Slow Food Indonesia
Dari namanya, Slow food tentunya berkebalikan dengan junk-food. Gerakan Slow Food bertumpu pada tiga nilai, yakni good, clean, dan fair. Good berarti makanan itu terasa enak dan segar serta merupakan bagian dari budaya lokal. Clean bermakna makanan itu diproduksi tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang mencemari lingkungan. Fair berarti harus ada keadilan dalam proses produksi atau cara mendapatkan makanan itu. Masakan yang dimasak artinya harus memenuhi kriteria tersebut. Makanan yang masuk kategori Slow Food tidak menggunakan bahan kimia, seperti pupuk kimia atau pestisida. Slow Food melakukan kegiatan perorangan atau kelompok, minimal tiga kali dalam setahun. Misalnya, food and taste education melalui pengenalan rasa bahan pangan lokal kepada anak usia TK atau SD.

Komunitas Organik Indonesia
Makanan organik adalah makanan yang diproduksi menggunakan metode alami dan tidak memakai pestisida sintetis dan pupuk kimia. Makanan organik juga tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan kimia tambahan makanan. Makanan organik jadi tren dewasa ini seiring meningkatnya kesadaran akan hidup sehat. Komunitas Organik Indonesia (KOI mengajak masyarakat hidup sehat. Yang melatarbelakangi berdirinya komunitas ini adalah kekhawatiran kualitas hidup masyarakat, yang ditentukan oleh apa yang mereka makanan, lakukan dan rasakan. KOI giat mengampanyekan gaya hidup sehat, dengan mulai beralih memasak dan mengonsumsi makanan sehat organik.

Komunitas Indonesia Makan Sayur
Komunitas ini terbentuk melalui sosial media dan sudah diikuti oleh banyak masyarakat Indonesia. Anggotanya berasal dari beragam latar belakang profesi. kegiatan yang dilakukan pun beragam, seperti berbagi pengalaman dan ide mengenai berbagai topik kesehatan hingga pemutaran film tentang makanan sehat, dan ada kelas pengolahan sayuran mentah.

Salah seorang inisiator komunitas ini adalah Sophie Navita. Ia kerap muncul untuk memperkenalkan cara pembuatan greensmoothie, yakni campuran antara buah dan sayur berdaun hijau. Untuk pemula disarankan komposisinya 60% buah dan 40% sayur berdaun hijau. Contohnya, green pinacolada, yaitu campuran buah nanas dan sayur pokcoy. Untuk bergabung dalam komunitas ini, Anda tak dipungut biaya. Namun ada biaya khusus jika ingin mengikuti kelas. Misalnya, kelas mengolah sayur mentah.

Itulah tadi beberapa contoh komunitas masakan sehat dan komunitas hidup sehat. Semoga bermanfaat buat Anda yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Photo Credit: 1