Komunitas Fotografi di Instagram untuk Pemula

15 Mar 2017


Anda tertarik ingin belajar fotografi namun tidak tahu caranya memulai dari mana? Tidak perlu bingung lagi, tinggal buka aplikasi Instagram karena di sana ada beberapa komunitas fotografi yang layak untuk Anda follow. Di sana Anda dapat melihat hasil jepretan orang-orang yang belajar fotografi dan tips-tips memotret. Komunitas apa sajakah itu? Yuk simak yang berikut ini.

GadgetGrapher
Teknologi gadget yang semakin canggih dewasa ini membuat foto-foto menawan yang dulunya hanya bisa dihasilkan dari kamera besar SLR yang mahal harganya, kini bisa dihasilkan dari kamera smatrphone atau gadget lainnya—asalkan tahu triknya. Nah, bagaimana menghasilkan foto makismial dengan alat yang minimal (gadget), itulah yang dipelajari dalam komunitas ini. Komunitas GadgetGrapher didirian sebagai wadah berkumpulnya para pencinta fotografi dan gadget kini sudah tersebar di 18 provinsi di Indonesia. Gadget yang digunakan dalam komunitas ini adalah handpone, tablet dan iPod. Jika tertarik, daftar saja di www.gadgetgrapher.org

MataPonsel
Kalau Gadget Grapher tidak mengkhusukan diri pada jenis gadget tertentu, maka ponsel hanya fokus pada fotografi ponsel. Semua orang rata-rata punya ponsel dan ada fitur kamera di dalamnya. Komunitas ini membidik pangsa pasar tersebut. Selain sharing hasil foto di Instagram, MataPonsel juga kerap mengadakan kopi darat aatu meet up. Dalam acara ini, sering mengundang fotografer profesional yang berbagi tips. Juga mengadakan berbagai lomba foto dengan hadiah menarik. Penasaran? Buka aja websitenya. http://www.mataponsel.net/

Instastreetid
Buat Anda yang suka memtoret suasana jalanan, mungkin komunitas foto yang satu ini cocok. Intastreet, sesuai namanya, mengkhususkan diri pada street photography, yang kini mulai trend di Indonesia. Anda bisa memotret ramainya suasana taman atau sunyinya jalanan ibukota pada tengah malam. Jumlah folower komunitas ini di Instragram sudah lumayan banyak, hampir 17 ribu orang. Penasaran? Klikk saja Instastreetid di akun Instagram Anda.

Instanusantara
Komunitas ini merupakan salah satu komunitas fotografi di Instagram dengan jumlah follower yang terbanyak, yakni sekitar 200 ribu follower. Kamu bisa share hasil foto Anda di akun Instagram komunitas ini, asalkan gambar diambil di Indonesia, tidak foto rasis, narsis, atau nude. Komunitas ini juga memiliki akun regional, misalnya Jakarta, yang dapat Anda ikuti sesuai wilayah domisili.

Nah, itu tadi beberapa komunitas fotografi di Instagram yang dapat Anda ikuti sebagai pemula. So, tunggu apalagi, daftarkan diri Anda sekarang juga dan selamat belajar fotografi.

Source & Photo Credit: 1 | 2