Artikel

5 Tips untuk Membuat Motor Lebih Awet!

12 January 2019

Sebagai salah satu pilihan kendaraan, sepeda motor menawarkan sejumlah keunggulan. Mulai dari praktis digunakan hingga hemat dalam perawatan. Agar bisa selalu menikmati manfaat-manfaat tersebut, kita perlu menjaga kondisi motor yang kita miliki. Maka, kali ini kita akan mengupas tips-tips untuk membuat motor lebih awet.

Tak pandang jenis dan merek, setiap sepeda motor harus dijaga kondisinya. Sebab motor terdiri dari komponen-komponen yang punya usia pakai terbatas. Namun, terlepas pada akhirnya kamu memang harus mengganti komponen tersebut, ada sejumlah cara untuk menjaga usia pakai komponen-komponen motor lebih maksimal.
Dengan cara itu maka kamu bisa menghemat pengeluaran dan motor bebas rewel. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

1. Memanaskan mesin motor sebelum dipakai

Memanaskan mesin motor di pagi hari bisa kamu jadikan “ritual” dengan tujuan bikin motor lebih awet. Tak perlu waktu lama, hal ini cukup dilakukan dalam waktu tiga sampai lima menit sebelum memulai berkendara.

Caranya dengan menyalakan motor menggunakan kick starter. Kemudian, diamkan gas dalam kondisi langsam. Tujuannya memberi waktu pelumas di dalam mesin mencapai kondisi idealnya sebelum motor benar-benar digeber di jalan raya.

2. Rutin ganti oli mesin

Oli atau pelumas memiliki peran besar dalam menunjang kerja mesin motor. Oli berfungsi melumasi, mendinginkan, hingga melindungi komponen-komponen di dalam mesin yang saling bergesekkan.

Maka itu kita perlu rutin mengganti oli dengan rentang waktu sesuai anjuran produsen motor. Oli perlu diganti karena kualitasnya akan menurun seiring penggunaan. Dan jumlahnya berkurang karena penguapan atau kebocoran.

3. Berkendara dengan baik

Maksud dari poin ini ialah menggunakan motor sebagaimana mestinya dan sesuai peraturan lalu lintas. Mengendarai motor dengan cara yang ugal-ugalan bisa memaksa mesin bekerja lebih keras dari batas normalnya. Gaya berkendara yang tak bertanggung jawab juga memicu terjadinya kecelakaan yang berujung pada pengeluaran ekstra untuk memperbaiki motor.

4. Rajin cuci motor

Pemilik motor bukan hanya mendambakan mesin motor yang selalu tokcer. Namun, pastinya juga penampilan luar bodi yang selalu terjaga. Biar bodi motor awet mengkilap cara satu-satunya ialah rutin mencuci motor.

Momen mencuci motor ini bisa juga kamu manfaatkan untuk mendeteksi kondisi beberapa bagian motor, seperti ban, rantai, atau suspensi. Agar kita bisa mengetahui lebih dini bila ada kerusakan.

5. Selalu menggunakan onderdil berkualitas

Kondisi kantong kadang memaksa pemilik motor untuk memilih onderdil kualitas rendah. Namun, sudah bukan rahasia lagi bila onderdil semacam itu tak memiliki usia pakai yang lama alias cepat rusak.

Tak ada salahnya untuk mengeluarkan dana ekstra demi menebus onderdil yang kualitasnya sudah terbukti karena bakal lebih awet.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat bila rajin merawat motor biar lebih awet. Salah satunya ialah harga jual kembalinya yang terjaga. Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai “modal” seandainya hendak membeli motor keluaran lebih baru.

Untuk membeli motor baru, kamu bisa memilih layanan dari FIFASTRA yang menyediakan layanan kredit motor baru yang mudah dan cepat.